Follow Me

Textual description of firstImageUrl

Tentang Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma)


Penyakit kanker kelenjar bening adalah salah satu penyakit yang perlu kita waspadai saat ini.

Di zaman sekarang ini berbagai macam penyakit mudah menyerang siapa saja tanpa pandang usia baik bayi, anak anak, dewasa maupun orang tua entah itu orang kaya maupun miskin semua memiliki resiko terserang suatu penyakit. Maka dari itu menjaga kesehatan adalah suatu hal yang mutlak kita lakukan sebagai langkah pencegahan dini.

Jika sudah terserang penyakit apapun yang kita lakukan pastilah tidak bisa seleluasa seperti saat kita dalam keadaan sehat. Pentingnya menjaga kesehatan harus kita tanamankan pada diri anak anak kita sedini mungkin agar anak anak terbiasa sejak kecil.

Seperti yang sudah saya katakan diatas salah satu penyakit yang perlu kita waspadai dewasa ialah kanker kelenjar getah bening atau limfoma.

Kelenjar getah bening ialah kumpulan jaringan jaringan yang berukuran sangat kecil kira kira sebiji kacang dan merupakan tempat tinggal bagi sel darah putih.

Kelenjar getah bening berkaitan dengan imunitas atau kekebalan tubuh seseorang dan biasanya terdapat pada area pangkal paha, ketiak dan leher.

Secara umum awal terjadinya kanker kelenjar getah bening ditandai oleh :

  1. Daya tahan tubuh yang menurun, cepat merasa capek, badan terasa lemas.
  2. Munculnya benjolan keras pada daerah tertentu yakni pangkal paha, leher dan ketiak namun tidak menimbulkan rasa sakit dan terus membesar bila dibiarkan.
  3. Demam yang disertai menggigil dan berkeringat dimalam hari.
  4. Berat badan yang menurun tanpa sebab yang jelas.
  5. Terganggunya pernafasan seperti sesak nafas.
  6. Kehilangan nafsu makan secara drastis.


Berikut ini faktor seseorang bisa terserang penyakit kanker kelenjar getah bening :


  1. Faktor genetik atau keturunan.
    Faktor genetik bisa menjadi penyebab kanker kelenjar getah bening maka dari itu jika ada anggota keluarga inti kita yang mengalami penyakit tersebut sebaiknya lebih waspada lagi dan lakukan pencegahan sedini mungkin dengan memerapkan gaya hidup sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup serta makan makanan sehat.
  2. Kekebalan tubuh menurun.
    Menurunnya sistem kekebalan tubuh bisa menyebabkan badan mudah capek, lemas dan untuk membantu memulihkan stamina yang menurun anda dapat minum saplemen dan vitamin.
  3. Kurang olahraga .
    Olahraga merupakan kegiatan penting yang sayang jika anda lewatkan. Seseorang yang senang berolahraga biasanya tetap sehat dan jauh dari penyakit meskipun usianya tidak muda lagi. Kurang olah raga dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti kegemukan dan juga penyakit berbahaya kanker kelenjar getah bening.
  4. Gaya hidup yang tidak sehat .
    Saat ini penyakit bahaya yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat terus menghantui kehidupan kita semua. Gaya hidup yang tidak sehat misalnya minum minuman keras dan mengkonsumsi obat terlarang adalah kenikmatan sesaat yang bisa menimbulkan masalah kesehatn dikemudian hari. Maka sudah sepantasnya anda menerapkan gaya hidup sehat mulai diri dan keluarga tercinta dengan rajin olahraga, makan makanan sehat, dan teruslah berfikir positif.
  5. Kurang minum air putih.
    Kebutuhan air putih manusia rata rata perhari ialah 8 gelas maka anda jangan sampai minum air putih kurang dari itu. Selain bisa menyebab ambeien dan dehidrasi kurang minum air putih juga bisa menyebabkan kanker kelenjar getah bening.
  6. Lingkungan sekitar yang tidak sehat.
    Menjaga lingkungan sangat diperlukan untuk menghidari kanker kelenjar getah bening. Menjaga kebersihan harus kita mulai dari tempat tinggal kita dan lingkungan sekitarnya. Menjaga kebersihan harus kita tanamkan pada buah hati kita sedini mungkin agar dia terbiasa karena sesuatu yang dimulai dari usia dini lebih baik dari pada ketika sudah dewasa.
  7. Kurang istirahat.
    Sebagian orang menganggap kurang istirahat adalah suatu hal yang biasa saja. Namun jika hal itu anda lakukan secara terus menerus bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti kanker kelenjar getah bening. Istirahat cukup merupakan solusi tepat untuk meminimalisir penyakit kelenjar getah bening.
  8. Makan makanan yang tidak sehat.
    Makan makanan yang kurang sehat seperti berbahan pewarna bahaya, dan berpengawet dapat meningkatka resiko terjadinya kanker kelenjar getah bening. Hindari makanan yang tidak sehat dan perbanyak makan sayuran segar dan buah buahan untuk menekan resiko penyakit kelenjar getah bening


Pengobatan kanker bisa dilakukan dengan cara non medis maupun cara medis. Secara non medis pengobatan kanker biasanya dilakukan dengan cara memanfaatkan herbal tetentu untuk mematikan sel kanker.

Sedangkan pengobatan kanker secara medis mengunakan cara cara sebagai berikut :


  1. Kemotherapy.
    Kemotherapy ialah pengobatan kanker dengan cara memasukan obat kanker kedalam tubuh pasien melalui infus. yang bertujuan mematikan sel kanker agar tidak menyebar keseluruh tubuh namum biasanya mempunyai efek kerontokan pada rambut.
  2. Terapi radiasi.
    Terapi radiasi ialah penyinaran mengunakan sinar energi tinggi untuk mematikan sel kanker.
  3. Terapi biologi.
    terapi ini bertujuan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Dengan begitu sel kanker yang ada dalam tubuh penderita tidak terus berkembang.

Kanker kelenjar getah bening menjadi momok menyeramkan akhir akhir ini karena bisa menyebabkan kematian.

Jika anda mengalami ciri ciri seperti diatas maka segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatan anda serta memastikan apakah itu kanker kelenjar getah bening atau bukan.

Pemeriksaan dini membantu penyakit tidak terus berkembang dan diharapkan bisa mengobati penyakit tersebut.

previous article
Newer Post
next article
Older Post



Post a Comment

Sebuah angan tak tergapai terhapus realita yang membelenggu. [Titi Kapal] (https://randomuser.me/api/portraits/women/80.jpg)

Name

Email *

Message *